//
you're reading...
Artikel

Abstraksi Makalah Ujian Dinas

Makalah Lengkap Bab I – III 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Gambaran Umum

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu seni mengintegrasikan sumber daya manusia ke dalam kerjasama dalam suatu organisasi, sehingga terjadi pemanfaatan sumber daya manusia yang rasional, efektif, dan efesian guna terwujudnya tujuan organisasi.

Sumber daya manusia secara historis dapat ditinjau dari perkembangan perekonomian dunia sejak zaman dahulu. Bahkan masalah sumber daya manusia yang kelihatannya merupakan masalah internal organisasi, sesungguhnya mempunyai hubungan yang erat dengan peradaban perikehidupan manusia dan masyarakat yang telah menimbulkan berbagai konsepsi sumber daya manusia dan statusnya dalam masyarakat dimana organisasi itu berada.

Manajemen sumber daya manusia timbul sebagai telaahan ilmu pengetahuan baru pada era dasawarsa permulaan abad ke –20. ditegaskan dalam buku karangan Kolonel KAL. Susilo Martoyo, SE. dalam bukunya yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi ke-3 terbit tahun 1994, bahwa :

… ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab Manajemen Sumber Daya Manusia berkembang menjadi suatu bidang studi, antara lain sebagai berikut :

  • Perkembangan ilmu pengetahuan manajemen yang dipelopori oleh F.W. Taylor;

  • Kekurangan tenaga kerja pada era perang dunia ke –1 bagi negara yang terlibat peperangan;

  • Kemajuan yang dicapai serikat-serikat pekerja;

  • Semakin meningkatnya campur tangan pemerintah dalam hubungan antara majikan dan tenaga kerja (buruh)’

 

 

  1. Latar Belakang

Perjalanan karier Pegawai Negeri Sipil diharapkan selalu meningkat. Peningkatan tersebut seiring dengan perjalanan waktu masa kerja seorang pegawai tersebut. Berkaitan dengan pernyataan pada kalimat sebelumnya hal ini akan tercapai apabilai kinerja pegawai negeri sipil diasumsikan dalam keadaan tetap (konstan) yang bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan dapat menyelesaikan pekerjaan pegawai sesuai dengan yang ditargetkan oleh pimpinannya.

Berkaitan dengan hal tersebut yang menjadi pertanyaan saat ini adalah “Apakah karier Pegawai Negeri Sipil dapat meningkat sesuai yang diinginkan pegawai yang bersangkutan?” jawabannya sangat bergantung sekali dari banyak faktor penentu yang mempengaruhinya, seperti yang diungkapkan oleh Kolonel KAL. Susilo Martoyo, SE. dalam bukunya yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi ke-3 terbit tahun 1994, beliau menyatakan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi dalam proses perjalanan karier seorang Pegawai Negeri Sipil baik faktor eksternal maupun internal, antara lain : (1) Perencanaan SDM institusi itu sendiri; (2) Perencanaan dan Pengembangan Karier; (3) Penilaian Prestasi Kerja; (4) Kompensasi Pegawai; (5) Kepuasan Kerja dalam Organisasi; (6) Motivasi Pegawai; Kepemimpinan Organisasi; (7) Konflik dalam Organisasi; (8) Pengawasan dan Pengendalian Pegawai dalam Organisasi.

 

  1. Pokok Permasalahan

Promosi jabatan dilaksanakan guna meningkatkan kinerja pegawai negeri sipil, namun apabila promosi jabatan yang dilaksanakan tidak diikuti dengan kinerja yang meningkat, mungkin ada sesuatu hal yang kurang pada pelaksanaan promosi jabatan.

Promosi dapat menjadi motivasi yang mendorong setiap pegawai untuk bekerja lebih baik, lebih giat, bersemangat untuk meningkatkan prestasi kerjanya. Hal ini dapat difahami bahwa setiap orang akan bekerja bersungguh-sungguh disebabkan oleh adanya harapan untuk mendapatkan kompensasi berupa promosi pada posisi yang lebih tinggi dari sekarang.

Sehubungan hal tersebut pokok masalah yang diteliti pada makalah ini adalah “hubungan antara pelaksanaan promosi jabatan terhadap kinerja pegawai negeri sipil di Pusdiklat Radio yang saat ini berubah menjadi Puslitbangdiklat LPP RRI”.

Untuk Bab II dan selanjutnya tidak kami tampilkan, silahkan download filenya dalam format PDF, seperti pada link yang telah kami sediakan, terimakasih atas perhatiannya….

About sugiantoro

lhah kiyeeeeeek

Diskusi

2 thoughts on “Abstraksi Makalah Ujian Dinas

  1. Bung asep gw salut deh sm anda. tulisan anda cukup lumayan buat nambah wwsn.tp perlu digali lagi permasalahan yg spesifik biar rada2 kayak peneliti bener gt lho…he..he…he.

    moga2 ga lupa sm gw. tambah charming aja…
    okey, salam deh buat tmn2 di pusdiklat…

    Posted by bambang dwiana RRI Jogja | 5 April 2008, 02:16
  2. oke pak bambang makasih atas masukannya, tentunya sangat berharga sekali buat saya….

    jelas gak lupa dong pak ….
    pak bambang skarang lagi sibuk apaan nih n jangan lupa kasih saya alamat emailnya biar bisa selalu kontak terus ..
    trimakasih pak……….

    Posted by sugiantoro | 9 April 2008, 05:13

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

140 karakter

Maret 2008
S S R K J S M
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Office Weblog

Tarik mang…..!!

[zippyshare url=http://www33.zippyshare.com/v/76376801/file.html]
%d blogger menyukai ini: